PHINTAS Daily Report 21 December 2021
View PDF
21 Dec 2021

DOMESTIC MARKET REVIEW

IHSG [Resistance : 6600] [Pivot : 6550] [Support : 6500]

IHSG diperkirakan bergerak fluktuatif di kisaran 6500-6600 dengan kecenderungan melemah pada Selasa (21/12). Pelemahan mayoritas indeks global dan regional membayangi pergerakan IHSG di hari ini (21/12). Sektor building construction, property dan energi perlu diwaspadai. Terdapat faktor psikologis dari meningkatnya concern pelaku pasar terhadap kondisi likuiditas di Tiongkok ditengah potensi debt crisis yang dihadapi sejumlah perusahaan properti di Tiongkok. Mengantisipasi hal tersebut, bank sentral Tiongkok menurunkan sukubunga acuan jangka pendek (1 tahun) sebesar 5 bps menjadi 3.8% di Senin (20/12), pertama kalinya sejak pandemi COVID-19. Terkait energi, terjadi penurunan signifikan harga-harga komoditas energi ditengah kekhawatiran penurunan permintaan. Kekhawatiran ini dipicu oleh pengetatan pembatasan aktivitas masyarakat di sejumlah negara di Eropa, seperti Belanda dan Inggris. Di Indonesia, pelaku pasar mencermati kebijakan Pemerintah RI terkait mobilitas masyarakat jelang libur akhir tahun. Saham-saham yang dapat diperhatikan pada kondisi saat ini adalah saham bluechip dengan kondisi fundamental solid dan terdapat indikasi bullish continuation secara teknikal, diantaranya BBCA, BBNI, BBRI, BMRI dan TLKM. Alternatifnya antara lain MDKA, ACES, AKRA, TBIG dan TOWR.


POINTS OF INTEREST

• Indeks-indeks utama Wall Street melemah lebih dari 1% pada perdagangan Senin (20/12).

• Omicron ditemukan di 43 dari 50 Negara Bagian di AS dan sekitar 90 negara lainnya.

• Belanda menerapkan full lockdown mulai Minggu (19/12) hingga mid-January 2022.

• Bank sentral Tiongkok menurunkan sukubunga acuan jangka pendek (1 tahun) sebesar 5 bps menjadi 3.8% di Senin (20/12), pertama kalinya sejak pandemi COVID-19.

• IHSG diperkirakan bergerak fluktuatif di kisaran 6500-6600 dengan kecenderungan melemah pada Selasa (21/12).

• Top picks (21/12) : BBCA, BBNI, BBRI, BMRI, TLKM, MDKA, ACES, AKRA, TBIG dan TOWR.


MARKET NEWS

TOWR PT Sarana Menara Tbk

Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa ( RUPS -LB) PT Sarana Menara Nusantara Tbk (TOWR) menyetujui rencana perseroan yang akan melakukan pembelian kembali (buyback) saham sebanyak-banyaknya 2,55 miliar lembar. Nantinya saham hasil pembelian kembali yang sebanyak 5 persen dari modal ditempatkan dan disetor penuh itu merupakan tambahan saham treasury . Saat ini TOWR memiliki sebanyak 1,22 miliar saham treasury atau setara dengan 2,38 persen dari seluruh modal ditempatkan dan disetor perseroan.

BUKA PT Bukalapak.com Tbk

Sebagai bagian dari rangkaian program "Belajar Digital Bareng Bukalapak-Microsoft," PT Bukalapak.com Tbk (BUKA) dan Microsoft secara resmi meluncurkan Akademi Jagoan by Bukalapak, sebuah e-learning platform bagi para pelaku UMKM untuk meningkatkan literasi digital dan kemampuan pengelolaan bisnis.

ACES PT Ace Hardware Indonesia Tbk

PT. Ace Hardware Indonesia Tbk (ACES) akan menambah gerai baru yang berlokasi di Living Plaza Medan Sumatera Utara dan di Cirendeu Plaza, Tangerang, Banten pada tanggal 22 Desember 2021. Dengan penambahan 2 gerai baru ini maka total gerai yang dimiliki perseroan saat ini mencapai 217 gerai.

MLPLPT Multipolar Tbk

OUE Limited, perusahaan pengembang dan operator real estat global yang berpusat di Singapura telah mengumumkan keputusannya mengakuisisi 17,2% saham PT Multipolar Tbk (MLPL) dari tangan Inti Anugerah Pratama (IAP). Akuisisi saham MLPL milik Inti Anugerah Pratama (IAP) oleh OUE Limited tersebut akan digelar di harga premium. Nilai transaksinya mencapai USD95,6 juta atau sekira Rp1,006 triliun.

AGRS PT Surya Esa Perkasa Tbk

PT Bank Mayapada Internasional Tbk (MAYA) menyampaikan telah melunasi Pokok dan bunga terakhir Obligasi Subordinasi Bank Mayapada IV Tahun 2014. Dengan pelunasan seluruh pokok dan bunga terakhir Obligasi Subordinasi IV Bank Mayapada Tahun 2014, maka seluruh kewajiban Perseroan terkait Obligasi Subordinasi tersebut telah dilaksanakan. 


PHINTRACO SEKURITAS

The East Tower 16th Floor

Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Kav. E3.2 No. 1

Mega Kuningan, Jakarta 12950

P.  +6221 2555 6111

F.  +6221 2555 6138

W. www.phintracosekuritas.com